9 Makluk Mitologis Cantik Namun Jahat Dan Mematikan

9 Makluk Mitologis Cantik Namun Jahat Dan Mematikan - Judul diatas Nampaknya sedikit menyeramkan, tapi penasaran mendengar kata 'cantik' :D

Makhluk mitologis adalah makhluk yang keberadaanya dituturkan dalam kisah-kisah mitologis, legenda maupun fabel. Makhluk tersebut juga terkait dengan folklor suatu suku. Makhluk mitologis pada umumnya bersifat fantastis, baik bentuk maupun kemampuannya. Karena kisahnya merupakan mitos, maka keberadaannya dipercayai oleh masyarakat penganut mitologi bersangkutan. Dikategorikan sebagai kriptid ("makhluk yang bersembunyi").

Sampai saat ini mahluk mitologi masih menjadi sebuah misteri, apakah mahluk mitologi memang benar adanya atau hanya sebuah bentuk dari hasil hayalan semata (imajiner)? Jawabnya Menurut Saya sendiri merujuk dalam pandangan masyarakat kita, makhluk seperti ini masuk dalam kategori SILUMAN (sebangsa jin).

Mahluk mitologi dalam banyak negara digambarkan dengan sosok yang menyeramkan namun tidak sedikit ada yang memiliki paras cantik nan rupawan namun jahat dan bisa saja mematikan.

Seperti berikut ini contohnya:

1. ALKONOST


Alkonost merupakan mahluk yang ada dalam mitologi Slavia. Mahluk ini digambarkan sebagai burung yang kepala dan wajahnya manusia.

Alkonost awalnya merupakan seorang dewi yaitu Dewi Alcyone yang dirubah menjadi burung. Alkonost bertelur di pantai yang kemudian telurnya hanyut ke laut. Saat telur Alkonost menetas, badai akan datang. Konon, alkonost ini punya paras cantik yang memikat dan suaranya indah.

Saat Alkonost menyanyi, orang-orang yang mendengarnya jadi terbuai dengan suaranya sampai lupa pada dunia. Endingnya mereka mati secara mengenaskan! Betulkah?


2. SIREN


Siren atau Seirenes adalah makhluk mitologi yang berparas cantik menurut kisah legenda Yunani. Menurut kabar, Awalnya siren adalah para pelayan Persphone. Namun, ketika Persephone hilang karena diculik Hades, para pelayan tersebut diberi sayap oleh Demeter untuk mencari Persephone meskipun mereka kemudian menyerah.

Awalnya siren digambarkan sebagai wanita setengah burung. Tapi, dalam perkembangannya siren digambarkan dalam mitologi Yunani sebagai wanita cantik dengan tubuh setengah ikan.

Konon, Siren ini tinggal di lautan dan bukan di empang atau dipemancingan. tepatnya di tempat-tempat yang dikelilingi tebing dan juga batu karang.

Siren dipercaya punya suara yang amat bagus yang digunakannya untuk memikat para pelaut. Pelaut yang mendengar suara nyanyian siren konon menjadi terbuai sampai-sampai kapalnya menabrak karang seperti (Titanic) Dan akhirnya kandas. :D


3. SUCCUBUS


Legenda makhluk mitologi Succubus terdapat dalam cerita abad pertengahan dari barat. Succubus ini digambarkan sebagai setan yang berwujud wanita berparas wajah cantik.

Succubus mendapatkan kekuatan untuk bertahan hidup dengan menghisap energi manusia yang terbuai oleh kecantikannya. Tentunya yang menjadi korbannya rata-rata pria hidung belang buaya darat usai mereka melakukan hubungan. Memang begitu faktanya.


4. MEDUSA


Medusa adalah salah satu makhluk mitologi yang berparas cantik dalam legenda Yunani saudara dari Phorcys dan Ceto. Awalnya, Medusa adalah seorang pendeta cantik yang berasal dari Kuil Athena, ia selalu menjaga kesuciannya sebab itu ia jomblo ngenes seumur hidup dan gak mau mengenal laki-laki.

Tapi karena kecantikannya itu juga membawa malapetaka, Poseidon si Dewa penguasa laut jadi terpesona sampai-sampai tak kuat melihat tubuh seksi Medusa hingga nekat memperkosanya di kuil suci Athena,

Dewi Athena marah besar lalu mengutuk medusa jadi wanita berambut ular yang pandangannya bisa membuat manusia jadi batu. Begitulah kenyataan sejarah yunani.



 5. HAMADRYAD


Hamadryad adalah salah satu makhluk mitologi terkenal dalam legenda Yunani. Hamadryad termasuk dalam golongan nimfa, yaitu makhluk legendaris yang berwujud wanita yang tinggal di tempat-tempat tertentu. Nimfa beda dengan dewa, tetapi diidentikkan dengan bidadari atau peri yang tinggalnya di alam liar.

Biarpun begitu, nimfa ini nggak bisa mengalami penuaan dini atau kena penyakit meskipun nimfa juga nggak hidup abadi seperti halnya umur pada manusia. Hamadryad ini termasuk nimfa yang lahir dan tinggal di pohon. Hamadryad ini bakal mati kalau pohon tempat tinggalnya juga mati. sungguh aneh tapi tertulis di sejarah mitologi.



6. DZIWOZONA


Dziwozona atau yang dikenal juga dengan julukan Mamuna ini adalah salah satu makhluk mitologi dunia yang mendapatkan penghargaan sebagai makluk cantik tapi paling sadis dan kejam. Berasal dari Slavia, konon, menurut cerita legenda Dziwozona ini tinggalnya di rawa-rawa dan pinggir sungai.

Saking cantiknya, Dziwozona ini bisa membuat para lelaki muda bertekuk lutut sampai-sampai ngerelain nyawanya. Selain muncul sebagai wanita cantik, ternyata Dziwozona juga bisa muncul dengan bentuk wanita tua buat menukar bayi manusia yang baru lahir dengan anaknya sendiri.

Anak Dziwozona yang disebut Changelings dipercaya bakal tumbuh jadi anak yang cacat mental dan fisik. Di Negeri Polandia sendiri, ada kepercayaan yang masih tetap dijalankan sampai dengan sekarang agar menghindari anak yang baru lahir terhindar dari aksi penculikan Dziwozona. Jika mitologi ini di kaitkan sama halnya di negara kita nusantara, makhluk yang suka mencuri anak ya kalong wewe atau wewe gombel. :D


7. LAMIA

binatang aneh

Lamia awalnya merupakan anak dari Raja Belos di Mesir. Lamia lalu jadi Ratu Libya begitu ayahnya meninggal. Konon, kecantikan Lamia bisa membuat Dewa Zeus terpesona sampai akhirnya Dewa Zeus menjalin hubungan dengan Lamia.

Hubungan terlarang Zeus dan Lamia akhirnya ketahuan oleh Hera istrinya Zeus. Hera lalu marah besar sampai membunuh anak-anak hasil hubungan Zeus dan Lamia.

Lamia jadi frustasi sampai gila beneran, dan anehnya Lamia malah melampiaskan kegilaannya dengan memakan anak-anak kecil dari bangsa Manusia. Akhirnya, tubuh bagian bawah Lamia berubah jadi ular besar. Ingat ini hanya mitologi dan sebagian mempercayainya. seperti halnya orang mayoritas indonesia mempercayai Pocong,

padahal orang non indo tidak percaya karena disana tidak ada hantu kayak rokok linting (pocong).


8. LILITH Mother of Demons

http://santripiss.blogspot.com/2017/04/9-makluk-mitologis-cantik-namun-jahat-dan-mematikan-sadis.html

Kisah tentang Lilith ini sendiri berasal dari Mitologi Babilonia, negeri kuno abad 23 Sebelum Masehi yang terletak di Mesopotamia Selatan, sekarang dikenal sebagai Negara Irak. Tuh kan syetan bule emang keren keren yah? Di Negara kita malah lucu lucu (imut) seperti: tuyul & bakyul, jiny oh jiny, jin dan jun, pocong, kuntilanak, paling banter dan paling keren yaaa paling Kolor Ijo :D



 9. Terakhir SPHINX


Sphinx ada dua versi cerita, satunya versi Mesir satunya lagi versi Yunani. Sphinx yang digambarkan punya paras cantik adalah Sphinx dari mitologi Yunani. Sphinx ini punya tubuh singa dan sayap burung yang besar tapi wajah dan kepalanya manusia.

Biarpun wajahnya cakep dan cantik, tapi Sphinx ini dipercaya punya sifat yang kejam dan mematikan. Siapapun manusia yang bertemu dengan Sphinx dan nggak bisa jawab teka-teki yang ia berikan, bakal mengalami nasib tragis. Ce ile serem amat!.


Itulah di atas tadi mengenai makhluk mitologis yang di ceritakan turun temurun oleh sebagian yang mempercayainya. Kita ambil contoh makhluk siluman yang 70% orang di indonesia percaya dengan adanya makhluk siluman atau (jin) kalian percaya? saya sendiri mempercayainya karena makhluk jin mempunyai kekuatan merubah wujud, bisa saja mereka berubah menjadi power ranger atau doraemon :D atas kemauan nya sendiri Jin dapat berubah berbagai macam bentuk. Cukup sekian Wallahua'lam 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »